Cara Membuat Blog di Blogger

Blog merupakan singkatan dari web log sebuah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (posting terbaru dahulu baru kemudian diikuti posting yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Cara Membuat Blog di Blogger
Logo Blogger™

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. sumber: id.wikipedia.com

Salah satu penyedia layanan blog gratis adalah adalah Blogger™, salah satu anak perusahaan dari Google™. Untuk menggunakan layanan ini, Anda diharuskan memiliki alamat E-mail valid sebagai syarat untuk pendaftaran. Saya anjurkan untuk menggunakan layanan E-mail dari Gmail™ yang mana nantinya akan memudahkan Anda dalam proses optimasi blog seperti pendaftaran Goole Webmaster, Google Analytic, dan fitur-fitur Google™ yang lain.

Berikut tutorial cara pendaftaran blog di Blogger™.

Log In

Masuk ke Blogger.com kemudian masukkan alamat E-mail Anda kemudian klik tombol Masuk. JikaAnda belum mempunyai E-mail, silahkan ikuti tutorial tentang Cara Membuat E-mail di Gmail.

Cara Membuat Blog di Blogger
Log In


Konfirmasi Profil Blogger

Akan muncul halaman konfirmasi profil yang mana Anda bisa memilih untuk menampilkan profil Anda pada Google+ atau Anda lebih memilih tampilan Profil Blogger terbatas. Bagian yang ditandai dengan nomor 1 adalah opsi apakah Anda ingin menerima pengumuman maupun informasi dari blogger melalui E-mail. Uncheck opsi ini jika Anda tidak ingin menerima pengumuman melalui E-mail. Klik tombol Lanjutkan ke Blogger.

Cara Membuat Blog di Blogger
Konfirmasi Profil Blogger


Buat Blog Baru

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Dasbor Blogger. Pada halaman inilah Anda bisa membuat blog lebih dari satu hanya dengan satu akun E-mail. Klik tombol Blog Baru pada bagian yang ditandai dengan anak panah.

Cara Membuat Blog di Blogger
Buat Blog Baru


Konfigurasi Blog Baru

Muncul halaman pop up yang mana Anda harus mengisi semua kolomnya. Pada bagian yang ditandai dengan nomor 1 adalah kolom Judul Blog, isi kolom ini dengan judul blog yang Anda inginkan. Sementara bagian yang ditandai dengan nomor 2 adalah kolom alamat blog, isi dengan alamat blog yang telah Anda siapkan kemudian tunggu beberapa saat karena blogger akan mengecek apakah alamt blog yang Anda masukkan tersedia atau tidak, jika tidak tersedia Anda harus memasukkan alamat blog yang lain. Langkah selanjutnya adalah memilih template untuk blog Anda, lihat bagian yang ditandai dengan nomor 3. Ada beberapa macam template yang disediakan Blogger™, Anda bebas memilihnya. Jika tiga langkah di atas sudah selesai, lanjut ke langkah selanjutnya klik tombol Buat blog! seperti pada bagian yang ditandai dengan nomor 4.

Cara Membuat Blog di Blogger
Konfigurasi Blog Baru



Anda telah berhasil membuat blog baru di Blogger™ lihat screenshootnya di bawah ini. Mengenai cara-cara menggunakan fitur blog seperti membuat postingan artkel dan lain-lain, Anda bisa mengikuti tutorial berikutnya. Good Luck.

Cara Membuat Blog di Blogger
Tampilan Blog Baru

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Blog di Blogger"

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM
3. Jangan menempelkan link hidup, karena tidak akan ditampilkan

Semoga tali Silaturrahmi kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Admin Ellmoo Blog