Menempatkan Iklan Di Antara Postingan

Salah satu cara memaksimalkan pendapatan dari pemasangan iklan PPC adalah menempatkan iklan pada posisi yang strategis yang bisa memicu klik dari pengunjung blog. Pada umumnya iklan ditempatkan pada header, sidebar, di bawah artikel, atau bahkan di tengah postingan. Pada WordPress menempatkan iklan di tengah postingan caranya sangatlah mudah, cukup dengan menginstall plugin Quick Adsense. Lantas bagaimana dengan Blogger?

Seperti yang kita ketahui, sampai saat ini Blogger masih belum memiliki plugin khusus untuk menempatkan iklan di antara postingan. Entah itu karena tim Blogger yang enggan untuk membuatnya dengan berpegang pada kebijakan tertentu atau mungkin karena alasan lain. Tapi apapun itu sekarang menempatkan iklan di antara postingan artikel atau lebih tepatnya menempatkan iklan setelah tag more pada blog yang berplatform Blogger bukanlah hal yang tabu. Setelah saya jalan-jalan di MBT akhirnya saya menemukan trik brilian untuk melakukan hal yang hampir mustahil tadi. Untuk demo silahkan kunjungi blog Glori Puisi.

Menampilkan Iklan Diantara Postingan Blogger
Ilustrasi Adsense

Trik ini menggunakan kode jQuery untuk memanipulasi penempatan iklan berdasarkan id div khusus tepat sebelum tag more. Dan apabila browser tidak mengaktifkan fitur JavaScript maka ikla akan kembali ke posisi semula dalam hal ini di bawah postingan.

Membuat Cadangan Template

Sebagai langkah antisipasi jika nanti terjadi kesalahan pada saat memodifikasi kode template ada baiknya backup terlebih dahulu kode template Anda (baca: cara membuat cadangan template blogger)

Menambahkan Kode JavaScript

Pada halaman HTML Editor Blogger, temukan kode </head> kemudian salin dan tempel kode JavaScript berikut di atas kode </head>
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
$(document).ready(function() {
    $(&#39;a[name=&quot;more&quot;]&#39;).before($(&#39;#small-ads&#39;).html());
});
</script>
Kode yang dihighlight pada baris no 1 di atas adalah kode jQuery, jika pada template Anda sudah dilengkapi dengan kode jQuery maka abaikan kode yang dihighlight di atas dan Anda cukup menyalin kode yang dibawahnya.

Memodifikasi Kode Template

Jika kode JavaScript sudah terpasang selanjutnya masuk pada langkah memodifikasi kode template. Temukan kode berikut:
<data:post.body/>

Jika sudah ketemu, kemudian salin dan tempel kode berikut ini tepat di bawah kode <data:post.body/>, ganti kalimat KODE IKLAN ANDA dengan kode iklan milik Anda yang sudah diparse kemudian klik simpan pengaturan template.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='small-ads'>
<center>
KODE IKLAN ANDA
</center>
</div>
</b:if>
Biasanya pada template blogger -termasuk template saya ini-, terdapat lebih dari satu kode <data:post.body/>, jika trik ini tidak berhasil ketika ditempatkan pada kode <data:post.body/> yang pertama, maka ganti pada kode yang kedua

Kesimpulan

Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga pemasukan Anda dari program iklan PPC semakin tinggi. Amin. Selamat mencoba, mudah-mudahan berhasil.
Happy Blogging.

—ς∞ς—

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menempatkan Iklan Di Antara Postingan "

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM
3. Jangan menempelkan link hidup, karena tidak akan ditampilkan

Semoga tali Silaturrahmi kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Admin Ellmoo Blog