Redirect (Mengalihkan) URL Blog Lama ke URL Blog Baru

Redirect URL atau mengalihkan URL bertujuan ketika kita mempunyai blog atau website lebih dari satu yang mana salah satu dari blog tersebut sudah tidak aktif atau tidak terawat dan isi artikelnya sudah usang namun trafficnya cukup bagus. Kita ingin lalu lintas dari blog lama tersebut di alihkan ke salah satu blog yang aktif yang mempunyai artikel lebih fresh dan up to date.

Redirect (Mengalihkan) URL Blog
Ilustrasi

Saya akan berbagi dua metode diantara beberapa metode untuk redirect url blog tersebut. Metode pertama menggunakan meta tag, sementara yang kedua menggunakan kode JavaScript.

Redirect URL Blog Menggunakan Meta Tag

Meskipun ini trick yang sederhana karena tidak terlalu berhubungan dengan kode template yang rumit, ada baiknya sebelum menyisipkan kode ke dalam template blog terlebih dulu kita membuat cadangannya.
Log in ke Blogger Blogger.com » Template » Cadangkan/Pulihkan » Unduh Template Lengkap. Kemudian masuk ke HTML Editor blogger, cari kode <head>, salin dan tempel kode berikut di bawah kode <head>, kemudian simpan.

<meta http-equiv="Refresh" content="[waktu-tunda]; URL=[url-tujuan]">
Ganti [waktu tunda] dengan beberapa detik waktu yang Anda inginkan untuk pengalihan tersebut. Parameter perintah ini akan membuat browser menunda selama beberapa detik sesuai dengan nilai parameter, sebelum kemudian mengalihkan halaman blog tersebut ke halaman blog lainnya. Jika Anda tidak menginginkan penundaan, isi dengan nilai 0.
Ganti [url-tujuan] dengan target URL yang menjadi tujuan pengalihan atau redirect Anda
Satu contoh, saya akan mengalihkan halaman blog ini ke halaman blog saya yang lain yang beralamat di http://gloripuisi.blogspot.com dengan waktu penundaan selama 5 detik.

<meta http-equiv="Refresh" content="5; url=http://gloripuisi.blogspot.com">

Redirect URL Blog Menggunakan JavaScript

Langkah awalnya sama dengan langkah di atas, cadangkan template sebelum memulai modifikasi. Salin kemudian tempel kode JavaScript berikut di atas kode </head>

<script type='text/javascript'>
window.location.href="http://url-blog.com";
</script>

Ganti http://url-blog.com dengan target url yang akan Anda jadikan sebagai tujuan pengalihan.

—ς∞ς— 

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Redirect (Mengalihkan) URL Blog Lama ke URL Blog Baru"

  1. Cucok buat ane yg pemula di dunia blogger... byk buat blogger tapi gak terpakai. selalu buat baru yg lama gak terpakai lagi. dg adanya ini bisa redirect ke blog terbaru. thanks infonya gan
    kunjungi ya http://perawang-site.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. kloq..redirectnya di bikin pop up bisa gk..??

    ReplyDelete

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM
3. Jangan menempelkan link hidup, karena tidak akan ditampilkan

Semoga tali Silaturrahmi kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Admin Ellmoo Blog