Cara Mengeposkan Artikel ke Blogger

Postingan ini adalah lanjutan dari tutorial saya sebelumnya tentang Cara Membuat Blog di Blogger. Untuk para blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger, mungkin ini adalah artikel yang tidak terlalu penting, tapi bagi para blogger pemula yang benar-benar baru pertama kali membuat blog, dan belum terlalu paham tentang dunia blogging, mudah-mudahan artikel sederhana ini bisa membantu.


Setelah kita selesai membuat blog, langkah selanjutnya adalah mengeposkan entry atau artikel ke blog. Masuk ke blogger.com kemudian masukkan email dan password Anda, jika Anda belum mempunyai e-mail, silahkan baca tutorialnya tentang cara membuat e-mail di gmail. Kemudian pada halaman depan Blogger, klik icon pensil di samping blog yang ingin Anda poskan Entry.

Gambar 1
Post Editor Blogger
Gambar 2

Daftar Isi

  1. Memberi Judul Entry (Artikel)
  2. Menulis Entry
  3. Memberi Gaya Pada Teks
  4. Menambahkan Foto dan Video ke Entry
  5. Memenggal Artikel
  6. Menambahkan Label atau Kategori Entry
  7. Menambahkan Jadwal Terbit Entry
  8. Memperbaiki Tautan
  9. Berbagi Lokasi
  10. Ijin Komentar
  11. Simpan Entry
  12. Pratinjau dan Publikasikan
  13. Tutup

Anda akan di arahkan ke halaman post editor Blogger. Pada halaman inilah aktifitas Anda dalam memposting artikel dimulai. Namun sebelumnya jika Anda ingin mengenal lebih dalam post editor Blogger, anda bisa membaca tutorialnya di sini. Sekarang kita mulai mengeposkan artikel ke Blogger.

1. Memberi Judul Entry (Artikel)

Perhatikan Gambar 2 di atas, untuk memberi judul pada entry Anda harus mengetikkannya pada field seperti pada Gambar 2 nomor 1
Back to top ↑

2. Menulis Entry

Untuk menulis artikel, dianjurkan menggunakan mode Compose (Gambar 2 no.2) bukan mode HTML (Gambar 2 no. 3), kecuali jika akan menambahkan script tertentu. Ketikkan entry pada formulir seperti yang terlihat pada Gambar 2 no. 4.
Back to top ↑

3. Memberi Gaya Pada Teks

Memberi gaya pada teks seperti teks cetak tebal, teks miring, teks dengan efek coretan, teks berwarna, dan lain-lain bisa kita lakukan dengan memanfaatkan toolbar Blogger seperti pada Gambar 2 no. 5. (Baca tutorial menggunakan toolbar blogger)
Back to top ↑

4. Menambahkan Foto dan Video ke Entry

Untuk menambahkan file media seperti foto dan video ke dalam entry bisa kita lakukan dengan cara menyisipkan kode HTML file media tersebut atau mengupload langsung file media tersebut ke album web picasa yang sudah terintegrasi dengan Blogger. Adapun cara untuk melakukannya adalah dengan cara mengklik icon foto dan video seperti yang ada pada toolbar Blogger (Gambar 2 no. 5). Lebih lanjut silahkan baca: tutorial cara menambahkan foto dan video ke dalam postingan Blogger.
Back to top ↑

5. Memenggal Artikel

Untuk menampilkan sebagian entry atau yang biasa disebut dengan ringkasan posting pada halaman index, klik icon kertas yang disobek bagian tengah pada toolbar blogger seperti yang terlihat pada Gambar 2 no 5.
Back to top ↑

6. Menambahkan Label atau Kategori Entry

Fungsi dari label atau kategori ini adalah untuk memilah artikel berdasarkan kategori postingan sehingga artikel lebih teratur dan tidak tercampur dengan artikel kategori lain. Pada nantinya akan mempermudah pengunjung untuk menemukan artikel yang relevan. Satu contoh, artikel yang membahas tentang gadget akan lebih baik jika dimasukkan ke dalam kategori gadget, bukan ke dalam kategori sayuran. Untuk menambahkan label tersebut klik icon label seperti pada Gambar 2 no. 10, kemudian masukkan nama label ke dalam field yang telah disediakan.
Back to top ↑

7. Menambahkan Jadwal Terbit Entry

Kita bisa menunda waktu penerbitan artikel sesuai dengan yang kita inginkan. Hal ini biasanya kita lakukan ketika kita ingin memberi jeda waktu terbit tiap-tiap artikel, misalnya artikel akan terbit setiap hari kamis sementara artikel untuk hari kamis sudah siap pada hari selasa. Untuk menunda waktu penerbitan tersebut klikn icon Jadwal (Schedule) seperti yang terlihat pada Gambar 2 no. 11. Anda bisa mengatur tanggal dan waktu sesuai dengan yang telah Anda persiapkan sebelumnya.
Back to top ↑

8. Memperbaiki Tautan

Tautan Permanen atau Permalink (permanent link) artikel biasanya mengikuti judul artikel itu sendiri. Namun terkadang untuk judul artikel yang panjang link tidak akan ditampilkan secara lengkap. Untuk memperbaikinya klik icon Permalink seperti pada Gambar 2 no. 12 kemudian pilih Tautan Permanen Khusus. Untuk mengisinya tidak boleh menggunakan spasi.
Back to top ↑

9. Berbagi Lokasi

Fitur ini akan aktif jika sebelumnya sudah ditambahakan pada waktu mengkonfigurasi Blog Post. Fungsi dari fitur ini adalah untuk berbagi data lokasi dengan pengunjung blog. Untuk menambahkannya ke artikel klik icon lokasi seperti pada Gambar 2 no. 13.
Back to top ↑

10. Ijin Komentar

Anda bisa mengatur apakah pengunjung boleh meninggalkan komentar pada artikel dengan cara mengkonfigurasi pengaturannya seperti pada Gambar 2 no. 14.
Back to top ↑

11. Simpan Entry

Jika Artikel belum siap untuk diterbitkan Anda bisa menyimpannya dengan mengklik tombol simpan seperti pada Gambat 2 no. 7. Nantinya Entry atau artikel akan tersimpan pada Draft.
Back to top ↑

12. Pratinjau dan Publikasikan

Sebelum entry diterbitkan ada baiknya kita pratinjau terlebih dahulu dengan cara mengklik tombol Pratinjau atau Preview seperti pada Gambar 2 no. 8.. Jika artikel sudah siap untuk diterbitkan, klik tombol Publikasikan seperti pada Gambar 2 no. 6.
Back to top ↑

13. Tutup

Untuk menutup post editor Blgger ini Anda bisa melakukannya dengan cara mengklik tombol tutup seperti pada Gambar 2 no. 9. Adapun artikel akan tersimpan otomatis di Draft
Back to top ↑


—ς∞ς—

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Cara Mengeposkan Artikel ke Blogger"

  1. mkasih bnyak ya :)
    udah bantu aku buat nyesein tugasku :)

    ReplyDelete
  2. Thanks akhirnya aku bsa jupa
    ╠┫ム┣╣ム╋╋ム
    ╬╬α╬╬ą╬╬ª

    ReplyDelete
  3. Kalo kita ngeblog lwt hp gimana cara poskn foto ,,thanks
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. bisa, tapi dikirim via email, yang mana alamat email tujuan adalah alamat email rahasia yang bisa kita setting sendiri.

    untuk menyertakan foto (image) cukup dilampirkan aja.

    untuk tutorialnya Insya Allah nanti saya bagikan,

    :-)

    ReplyDelete

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM
3. Jangan menempelkan link hidup, karena tidak akan ditampilkan

Semoga tali Silaturrahmi kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Admin Ellmoo Blog